HIMATIK Blogger


a.    Benda padat mempunyai partikel partikel zat yang mempunyai gaya tarik menarik yang sangat kuat dan jaraknya sangat rapat. Pada peristiwa listrik statis terjadi perpindahan elektron.
b.    Komponen-komponen elektronik menggunakan micro elektronika seperti pada komponen dioda, resistor,transistor, integrated circuit ( IC ) pada peralatan elektronik TV, Radio, dll
c.    Penggunaan microelektronik  pada kimia benda padat yaitu sintesis kimia, struktur, serta sifat fisik padatan. Karenanya, bidang ini  sering kali bersinggungan dengan ,  mineralogi,  kristalografi,  keramik,  metalurgi,  termodinamika.
d.    mengembangkan dan memajukan teknologi tinggi dalam dunia  komputer,  laser, penjelajahan angkasa,  telekomunikasi,  energi,  dan aplikasi lainnya dari perangkat dan sistem elektronik. Teknik listrik bekerja sama dengan insinyur dari area lain seperti teknik kimia, teknik mesin, dan teknik sipil untuk merancang, mengembangkan, dan membantu produksi berbagai macam produk dan jasa seperti sistem distribusi energi, komputer pribadi, sistem satelit, radio genggam, sistemradar, mobil listrik, jantung buatan, dan lain-lain yang melibatkan komponen listrik dan elektronik.

Bahan-bahan pembuat perangkat semikonduktor
    Aluminium arsenide
    Aluminium gallium arsenide
    Boron nitride
    Cadmium sulfide
    Cadmium selenide
    Berlian
    Gallium arsenide
    Gallium nitride
    Germanium
    Indium phosphide
    Silicon
    Silicon carbide
    Silicon germanium
    Silicon on insulator
    Zinc sulfide
    Zinc selenide




-    Cara grown dibuat dengan menarik kristal tungal dari silikon atau germanium cair, dimana konsentrasi ketidakmurniannya diubah (di-doping) ketika proses penarikan berlangsung.
-    Cara alloy, dinamakan juga kontruksi fusi. Bagian tengah (basis) berupa wafer tipis berjenis-n.
-    Cara diffusion, pembuatan semikonduktor dilakukan melalui proses difusi gas pada lempengan wafer semikonduktor
-    Cara epitaxial, terdiri atas proses pertumbuhan kristal tunggal silikon/germanium yang sangat tipis.

Thanks For Your Comment

Featured Video

Facebook Twitter RSS